Hari ini 26 Agustus dia berulang tahun, bukan berarti aku masih peduli HANYA SAJA muncul notif di facebook. Postingan 2013 yang sudah sangat lampau (Baca : Berkomitmen ke dia atau untuk dia) telah banyak yang terjadi diantara kita dan sebab aku membeli buku Udah Putusin Aja karya Felix Siauw dan saat itu aku ingin berkomitmen untuk itu, tapi belum jalan 10 tahun ada saja sesuatu yang terjadi, pelajaran baru dan kisah baru.

Saya belum pernah melihat solusi untuk dua orang yang saling jatuh cinta, selain nikah (HR. Ibnu Majah 1847)

Sehingga aku mengatakan itu bukanlah komitmen walaupun mengatasnamakan cinta, itu hanya sebuah keinginan tanpa usaha dan nafsu tanpa akal. Sekadar omongan dan sok komitmen jika belum terwujud. Sekarang 2018 dan sepertinya aku bahkan tidak berharap mengingat kalau komitmen yang kubuat itu pernah kubuat. Mengapa itu terjadi?

“Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).”

Aku sadar aku dan dia telah dibolak-balikkan, komitmen yang aku buat ketika aku masih yakin itu adalah kekuatanku tapi apalah daya kalau hatiku kebalik. Setegak apapun komitmen yang kita bangun kalau bukan karena Allah, bakal tidak tegak 🙂