CNC singkatan dari Computer and Network Community merupakan komunitas di program studi ku di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Salah satu program kerjanya yaitu Goes to School yaitu dimana kita data ke sekolah SMA atau SMK membawakan materi ringan yang cukup untuk sehari.

Kesempatan ini, pihak sekolah yang disepakati sebagai tujuan kami yaitu SMK 2 Pinrang, diberi pilihan materi programming atau networking. Namun, pilihan jatuh pada networking sehingga aku yang berkesempatan membawakan materi di Goes to School di SMK 2 Pinrang, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya aku pernah mengajar siswa SMK tapi cuma beberapa, tapi kali ini mungkin sekitar 40 orang. Jauh hari, aku mempersiapkan materi apa yang dapat disampaikan dalam kurun waktu sehari. Berdasarkan diskusi dengan teamwork CNC :

  • Materi pertama tentang VLAN oleh saya
  • Materi kedua tentang Video Streaming oleh MJ
CNC Goes To School 2019 - 1
Suasana Goes to School 2019 di SMK 2 Pinrang
CNC Goes To School 2019 - 3
Siswa SMK 2 Pinrang didampingi oleh teman-teman dari CNC

Selama prosesnya, siswa-siswi begitu antusias terhadap materi yang kubawakan (aku sih merasa begitu), jadi aku juga enak dalam menyampaikan materi tentunya semua itu atas izin dan ridho-Nya. Adapun diakhir materiku, aku menantang siswa-siswi untuk menyelesaikan sebuah challenge dan quiz kahoot.it.

Terakhir, terima kasih untuk teman-teman karena mempercayakan kepadaku dan bekerja sama menyukseskan bagian dari program kerja CNC. Juga, dari pihak SMK 2 Pinrang telah menyambut kami dan terkhusus teman-teman yang asalnya dari pinrang (Herman dan Husnul) memberikan konsumsi dan penginapan kepada kami.

Pengalaman mengajar di SMK 2 Pinrang merupakan pengalaman ketiga ku setelah berhadapan dengan siswa SMK dari Enrekang, Gowa dan Wajo.

Review 2018 ku
SMK Pelita Agung (kiri), SMK 1 Enrekang (kanan)
SMK 3 Wajo (Gilireng)
SMK 3 Wajo