INTRO

Semester ke 6 perkuliahan ku di Politeknik Negeri Ujung Pandang diakhiri dengan kegiatan kerja praktik, setelah ditolak dua kali oleh perusahaan data center dan perusahaan jual beli online yang terkenal, jalan terakhir kami ditengah batas waktu pengiriman surat kerja praktik mendekati deadline aku dan temanku memilih perusahaan cloud system integrator yang berlokasi di kota Bogor, yang dikenal dengan singkatan Btech (Boer Technology).

Waktu itu aku mengikuti kelas online di nolsatu.id (angkatan 3) dan pertemuan pertama dari kelas tersebut dibuka oleh pak Utian Ayuba yang merupakan direktur Btech. Ketika sudah blank mau kerja praktik dimana, aku menghubungi pak Utian via chat dan dibalas singkat “kirim suratnya ke email ini” dan “laptopnya pake linux”. Ga cukup seminggu aku udah diwawancarai dan keterima.

PERJALANAN KE BOGOR

Aku belum pernah keluar Pulau Sulawesi dan first time naik pesawat, pokoknya serba pertama kali. Aku menanyakan teman SMP ku yang kuliah di IPB dimana alamat Btech dan bagaimana caraku dari Bandara Soekarno-Hatta menuju ke Bogor. Selain itu, aku juga membaca beberapa postingan orang bagaimana cara ke Bogor, persiapan apa saja yang perlu saat ingin merantau dan menonton di youtube bagaimana cara naik pesawat mulai masuk bandara sampai ke tujuan.

Aku booking tiket seminggu sebelum keberangkatan, itupun dibayarin dulu sama om ku. Aku berangkat tanggal 23 Juni 2018 biar bersamaan dengan om ku balik ke Bekasi, hanya saja beda pesawat. Aku berangkat ke bandara diantar sama keluarga dan ketemu dengan temanku di bandara yang sudah antri untuk check in.

Di pesawat aku duduk di baris ke-7 dari belakang dan tepat di samping jendela. First time aku melihat pemandangan dari atas awan, melihat kota dari pesawat, merasakan take off dan landing.

first time naik pesawat
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 2F

Saat sampai di bandara Soekarno-Hatta, sesuatu hal yang tak terduga aku bertemu dengan seniorku saat SMP (yang di foto itu temanku, bukan senior) dan ternyata aku sama pesawat dengan dia. Alhamdulillah, aku diantar ke pemberhentian bus yang tidak jauh dari bandara untuk membeli tiket bus yang menuju ke Bogor. Dari dalam bus, banyak gedung tinggi yang kulihat dan masih jarang di Makassar, walaupun kurang tidur aku tetap ga bisa tidur karena sangat disayangkan jika aku melewatkan satu momen.

Saat kami sampai di Btech, satu hal yang tidak bakal kulupa yaitu saat kami disambut dengan makanan yang dibeliin oleh mas Rizki sekaligus dia yang menjadi pembimbing kita selama kerja praktik di Btech.

Lanjut baca ceritaku di posting berjudul Kerja Praktik di Btech berisi pengalaman yang kudapatkan saat kerja praktik.