Tahun baru? Sudah berapa lama aku tidak merayakan sebagaimana orang diluar sana merayakannya. Tahun baru muslim itu 1 Muharram bukan 1 Januari, jadi sama seperti hari lain aku tetap melakukan aktivitas seperti biasa, tidur di jam tidur biasanya. Berdasarkan ajaran agama Islam tidak boleh ikut-ikut merayakan, bahkan petasan juga aku tidak ingin melihatnya karena menurutku itu bukan suatu bentuk syukur kepada Allah, diberi harta malah dipakai buat beli begituan. Oke stop bahas lebih lanjut, aku hanya ingin me-review semua aktivitas ku tahun 2018 dan banyak hal yang telah terjadi.


POCKY PHOTOGRAPHY – Di awal 2018 kemarin aku take foto di Benteng Rotterdam bersama dengan teman grup ku pas di SMK, ini inspirasi dari ku demi mencegah keluarnya uang, jadi low budget but high quality cuma butuh tripod dan pinjem kamera teman, tarif masuk ke Benteng Rotterdam juga seikhlashnya

Review 2018 ku
Lokasi : Benteng Rotterdam Makassar 2018

MANAJEMEN DESAIN JARINGAN – Di awal Januari 2018 juga aku disibukkan dengan tugas mata kuliah Manajemen Desain Jaringan yang bisa dikatakan kalau hasilnya totalitas, karena tugas tersebut mungkin dosenku memilihku untuk ikut mengerjakan proyek Big Data


BOCAH MAGANG – Di UPT Komputer dan SI Poliupg ada anak magang dari SMK namanya Taufik Witri dan Riska Hasan, mereka unik dan rajinlah pokoknya , selama 3 bulan dia memberi suasana berbeda seperti biasanya. Hampir setiap hari Sabtu kita masak-masakan, tiap pagi dibuatin roti bakar. Terbaiklah pokoknya, mungkin hanya 4 tahun sekali ada yang seperti mereka.


SISTEM ANALIS DADAKAN – Seniorku lagi membuat gerakan membangun startup, kemudian aku mengambil bagian sistem analis karena aku minim pengetahuan tentang programming web dan android. But, that’s not simply like you think! Tugas kuliah ku tidak ada apa-apanya dibandingkan membuat use case, business process di proyek tersebut. Namun terhenti, karena aku Kerja Praktik di luar pulau Sulawesi.


TKJ FAMILY GATHERING – Tiap tahun di Teknik Komputer dan Jaringan menyelenggarakan family gathering atau IT camp dan tahun 2018 adalah ketiga kalinya aku ikut. Kenal adik kelas angkatan 17, tapi sayangnya yang berpartisipasi dari angkatan ku semuanya batangan. Kegiatan TKJ Famgath 2018 meliputi games indoor, games outdoor, ngobrol santai keluarga TKJ (termasuk alumni) mulai dari bahas tugas, laporan, kuliah, kerja dan banyak pengalaman lain yang disampaikan oleh alumni juga dosen.

Review 2018 ku
Angkatan 2017 dan 2015

TUGAS AKHIR DAN SEMINAR – Setelah have fun di famgath, mulai kembali ke dunia nyata, sibuk-sibuknya mencari topik tugas akhir yang tiada kunjung kutemukan mana yang cocok dan juga disibukkan dengan angkatanku yang ingin mengadakan Seminar Nasional Animasi yang super dadakan, persiapannya cuma 2 pekan.


BORN2PROTECT – Di tahun 2017 aku masuk Top 10 Born2Protect jadi aku dapat melangkah ke sesi kedua yang lawannya berasal dari satu Indonesia secara online, flag yang dicari sangat susah dan tidak sesuai porsiku yang tidak ada persiapan. Jadi aku tereliminasi di sesi kedua, padahal kalau masuk 100 besar bisa ikut pelatihan gratis selama 3 bulan


THE FIRST NAIK PESAWAT – Ada yang bilang kalau pengalaman pertama itu yang paling berkesan, di tahun ini pertama kalinya juga aku merantau selama dua bulan di luar pulau Sulawesi. Aku jalan-jalan ke kebun Raya Bogor, Kota Tua, Cyber Building, ketemu dengan sepupu jauh. Pokoknya berkesan banget, detil cerita aku simpan disini (Baca : First time naik pesawat)


MENGAJAR – Setelah magang di luar pulau Sulawesi, giliranku yang mengajar siswa SMK yang magang di Politeknik Negeri Ujung Pandang, ini juga merupakan pengalaman pertamaku mengajar, dan sekali lagi that’s not simply like you think!

Review 2018 ku
SMK Sungguminasa dan Enrekang

hasbullahmarwan.com RILIS – Bertepatan 17 Agustus 2018 ada promo dari salah satu penyedia hosting indonesia domain murah. Setelah berpikir keras dengan mempertimbangkan keuanganku yang menipis dan peluang mengambil domain hasbullahmarwan tersebut akhirnya aku memutuskan untuk membelinya. Baru saja aku menulis beberapa artikel, ketemulah aku dengan masa-masa T U G A S A K H I R.


PROPOSAL TUGAS AKHIR – Semester baru tapi aku masih bingung mau ngambil judul apa karena terlalu banyak pilihan. Banyak yang menjadi pertimbangan ku untuk mengambil judul tugas akhir, tibalah ketika aku ngobrol dengan salah satu dosen yang ahli di bidang Network. Kebetulan sekali judul yang ingin aku angkat “storage server” berhubungan dengan proyek beliau yang akan diimplementasikan di Pemkot Makassar. Tugas pertamaku di proyek tersebut adalah melakukan re-strukturisasi jaringan yang mana di awal tahun 2018 aku mengerjakan tugas dari beliau secara totalitas. Hingga akhir tahun, aku disibukkan dengan proyek tersebut. Sekali lagi that’s not simply like you think! karena selain mengerjakan proyek aku juga dituntut menyelesaikan proposal tugas akhirnya.

Usai Seminar Proposal Tugas Akhir

Namun, ketika selesai seminar proposal aku tidak mengerjakan revisi ku, padahal dosen mata kuliah tersebut sudah mengingatkan via grup whatsapp. Aku menganggap remeh revisi ku yang sedikit sehingga pada saat deadline pengumpulan aku tidak menyetor revisiku. Akibatnya, aku disuruh mengulang seminar proposal tugas akhir.

Pelajaran yang bisa dipetik, jangan menganggap remeh sesuatu yang kecil / mudah.


KMIPN 2018 – merupakan singkatan dari Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional, sekali lagi aku berksempatan keluar pulau Sulawesi tepatnya di Surabaya semuanya aku ceritakan di (Baca : KMIPN se Politeknik Nasional). Aku mengikuti lomba bidang keamanan jaringan dan kebetulannya lagi aku bertemu dengan dua orang yang pernah ikut born2protect, dan keduanya mengambil peringkat 1 dan 2. Selain itu, pengalaman aku dan teman-teman mewakili kampus di tingkat nasional luar biasa, aku bertemu dengan mahasiswa dari seluruh indonesia, tapi yang aku kagumi salah satunya PENS sekaligus tuan rumah.