Kerja Praktik, praktik kerja industri, praktik kerja lapangan, praktik sistem gandam, atau magang intinya sama yaitu dimana kita diberi waktu 1 bulan, 2 bulan atau bahkan 6 bulan untuk ikut dalam tim suatu perusahaan atau instansi untuk menyelesaikan apa yang mau diselesesaikan.

Perkenalan sebagian sudah kucerita di postingan sebelumnya (Baca : First time naik pesawat) awal kenapa aku memilih Btech. Ekspektasiku ga jauh dari realita yang terjadi mengenai Btech, tujuanku memang untuk belajar hal baru berhubungan dengan network atau cloud computing. Kalau aku di dalam kota rasanya minim, pengalamannya ga jauh-jauh saat SMK, pikirku. Kebanyakan tentang web and mobile app development.

Saranku buat teman-teman sebelum memilih tempat kerja praktik, kalian harus tahu dulu minatnya dimana kemudian cari perusahaan yang sejalan dengan minatnya kalian. Tentu harus punya persiapan dan bekal sebelum kerja praktik, jangan bawa laptop kosong yang belum diinstall apa-apa.

Senin pertama diawali dengan rasa awkward, malu, maklum pertama kali jadi yah rasanya gimana gitu lihat orang baru apalagi selain kita dari makassar ada 4 juga orang dari SMK melakukan kerja praktik. Aku berkenalan dengan rekan-rekan Btech, di pekan pertama aku diberikan materi tentang OpenStack untuk dibaca terlebih dahulu, sambil disiapkan virtual lab yang diberikan buat melakukan latihan.

Aku kagum karena rekan-rekan Btech hampir semuanya berusia muda bahkan ada yang lebih muda dariku dan rasanya lebih asyik karena semangatnya untuk belajar sama. Saat jam kerja kami kumpul di satu ruangan, sehingga kita mendapat chemistry satu sama lain, banyak mendengar cerita mereka, ketawa bareng.

Selama 2 bulan hampir semua hari diisi oleh belajar, melakukan percobaan dan troubleshooting yang tidak lepas dari OpenStack. Adapun beberapa kali aku diajak keluar kantor mengunjungi data center yang milik customer Btech, mengikuti release party openSUSE dan ikut kelas singkat yang diselenggarakan oleh GLiB (GNU Linux Bogor) mengenai SDN dan NFV yang disampaikan oleh mas Zufar.

LALU APA PELAJARAN YANG BISA DIPETIK SAAT KERJA PRAKTIK DI BTECH ?

Pengalaman yang kudapat diantaranya bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang baru, saat kerja praktik bukan cuma aku yang praktik tapi ada juga dari sekolah dan kampus lain, saat openSUSE release party dan saat ikut kelas GLiB. Aku ketemu dengan orang luar biasa menurutku yang jarang kutemui di Makassar, aku mendengar cerita tentang pengalaman mereka. Pengalaman lain pas aku diajak ke Cyber Building yang di dalamnya terdapat banyak data center dan server room milik CCROM IPB.

on site cloud engineer sample
mouting server di Cyber Building

Bukan cuma itu, ilmu yang kudapatkan tentang OpenStack baru dapat pas aku kerja praktik, walaupun pernah dengar tapi kali ini aku yang melakukan instalasi dan administrasi. OpenStack based on linux jadi sekaligus aku juga belajar membiasakan diri menggunakan linux. Bahkan, aku membuat laporan kegiatan ku menggunakan Libre Office yang ada di Linux dan aku nyaman walaupun awalnya lumayan sulit untuk membiasakan. Lagi, Aku ikut kelas GLiB dengan tema SDN dan NFV yang juga baru kudapatkan saat kerja praktik di Btech. Aku mendapatkan motivasi untuk belajar dan rajin membaca, karena aku merasa ketinggalan jika tidak memaksa diri untuk belajar.

openSUSE 15 release party
openSUSE 15 release party
kelas GLiB SDN dan NFV
kelas GLiB membahas tentang SDN dan NFV

Liburannya? Tentu liburannya juga dapat, tiap sabtu dan ahad aku hangout walaupun sendiri tapi aku menikmati. Baca lengkap : Kerja Praktik di bogor rasa liburan