Sebelum memulainya, terlebih dulu aku bersyukur kepada Tuhan pencipta semesta ini. Tidak terjadi sesuatu jika bukan karena ridhoNya. Aku masih ingin flashback membahas  masa praktik kerja ku di Btech , mungkin dikarenakan itu first time ku keluar dari pulau Sulawesi menyerahkan segalanya kepadaNya. Dimulai dari take off UPG РCGK hingga sepuluh pekan kemudian landing CGK РUPG.

Pekan pertama di Bogor, aku ditelpon sama tante yang tinggal di Bekasi. Dia nyuruh aku jalan-jalan kalau hari sabtu dan ahad katanya kapan lagi mumpung lagi ada di Jabodetabek. Berikut rincian liburan yang dirangkaikan dengan kerja praktik :

BOTANI SQUARE (27/6/2018) – Trip di pekan pertama aku mengajak teman ku keluar tapi dianya mager, aku ragu keluar sendiri tapi beranikan diri demi sebuah cerita baru yang kutulis dalam buku hidup ini. Akhirnya aku keluar, bermodalkan do’a, nekat dan Google Map. Aku jalan-jalan ke Botani Square yang berdekatan dengan Kebun Raya Bogor. Ternyata sama saja dengan mall di Makassar, jadi aku cuma keliling lalu naik ke lantai teratas kemudian turun. Di sekitar mall tersebut, ada taman tapi aku lupa namanya, intinya disitu aku keliatan jomvlo banget karena pemandangan disana kebanyakan orang pacaran. Bosan dengan suasana tersebut aku jalan ke Kebun Raya Bogor.

KEBUN RAYA BOGOR (27/6/2018) – Aku tak menemukan pintu masuk ke dalam, jadi aku mengelilinginya hingga ketemu salah satu pintu masuk tapi dijaga oleh tentara yang katanya tidak boleh masuk. Sambil mengambil gambar, aku jalan dan menemukan Taman Sempur. Lama duduk disana sambil menikmati suasana taman di Bogor, aku mencoba berkomunikasi dengan beberapa orang disana hingga mendapat username IG nya. Menjelang waktu magrib, kugunakan gadget ku untuk mencari mesjid, hingga tersesat yang mengarahkan ke mesjid tapi lewati gang-gang seram dan menyebrangi sungai Ciliwung. Jadi aku ganti tujuan mesjid dan akhirnya ketemu mesjid dalam kompleks gitu.

PERPUSTAKAAN RI, MONAS, MESJID ISTIQLAL (30/6/2018) – Di momen ini aku salah pilih stasiun tujuan yang mengakibatkan aku harus beli ulang tiket kembali ke Bogor. Penasaran dengan Monas, lagi-lagi aku memberanikan diri jalan sendiri kesana. Mengandalkan gadget dan modal bertanya ke orang. Aku jalan kaki biar hemat, pertama aku masuk dan keliling Perpustakaan RI dulu karena tutupnya jam 4. Setelah itu, baru aku ke Monas yang Masya Allah luasnyaa. Hingga aku penasaran ingin menaiki puncak monas tapi harus antri super panjang nan lama. Namun karena dapat waktu magrib, aku sholat di Mesjid Istiqlal yang ternyata di google map dekat tapi jika jalan kaki dari Monas cukup memakan waktu. Kembali ke monas untuk mengantri naik ke puncak monas, hanya saja setelah naik ke atas dengan perjuangan berdarah ternyata ah sudahlah.

Kerja Praktik yang Dirangkaikan dengan Liburan
Halaman Mesjid Istiqlal
Kerja Praktik yang Dirangkaikan dengan Liburan
Halaman Monumen Nasional

KOLABORATO COWORKING SPACE (1/7/2018) – Pekan selanjutnya, aku diajak ikut ke openSUSE 15 Release Party, aku ingat disitu pertama kali ketemu dengan mas yuda (yang punya banyak kisah hidup). Di event ini juga, aku ketemu dan banyak bercerita dengan Farhan dari lulusan SMK IDN yang sekarang mungkin sudah diatasnya MTCRE. Disini aku berpendapat mungkin GLiB salah satu komunitas yang aktif sharing dengan penggiat IT lainnya terkhusus OpenSource dan berpikir bahwa di Makassar butuh orang-orang seperti mereka.

PUNCAK BOGOR (7/7/2018)- Trip ini juga termasuk nekat, kebetulan aku punya teman SMP yang kuliah di IPB. Aku ngajak dia ke puncak, tapi ternyata dia juga tidak pernah ke puncak. Lagi-lagi bermodalkan gadget aku sampai kesana, tujuannya Kebun Teh dan Curug. Namun, sesampainya disana aku rasa Puncak yang kubayangkan selama ini kurang sesuai dengan yang di bayanganku. Perjalanan dari Btech hingga puncak memakan waktu sejam, dan sumpah macetnya minta ampun. Setelah dari puncak, temanku ngajak makan di Mie Kocok (dekat Jembatan Merah) kemudian lanjut keliling Kota Bogor, lumayan karena pakai motor jadi bebas mau kemana.

Kerja Praktik yang Dirangkaikan dengan Liburan
Kebun Teh, Puncak Bogor

KOTA TUA (22/7/2018)- Akhirnya aku dan adil keluar bersama, tentunya pertama kali aku ke Jakarta Kota. Di Kota Tua kirain jadi tempat instagramable yang tenang, ternyata tempat tersebut salah satu spot ter-ramai saat weekend di Jakarta. Semua bangunan yang berada disekitar sana memang terkesan tua, selain itu disana ada satu museum yang di dalamnya berisi tentang budaya Betawi.

Kerja Praktik yang Dirangkaikan dengan Liburan
Suasana Weekend Kota Tua
Kerja Praktik yang Dirangkaikan dengan Liburan
Museum Wayang

BEKASI (28-30/7/2018) – Termasuk trip nekat juga soalnya aku pergi sendiri lagi dari Bogor – Bekasi maen 2 jam-an. Disana aku punya keluarga, jadi nginap dua malam disana. Hanya saja ada hal awkward yang susah kulupakan yaitu saat pertama kali ketemu dengan Gayuh. Hahaha aku tak mau ceritakan. Selain itu, main badminton, injak-injak kaki bareng asma, umar, dan sepedaan dengan afif juga ga dilupakan kok.

CYBER BUILDING (1/8/2018) – Disini aku juga ga pengen cerita banyak, intinya disini pertama kali aku melihat secara langsung bangunan bertingkat yang isinya data center.

TANAH ABANG (4/8/2018) РPekan terakhir di Btech aku sempatin ke pasar tanah abang,  aku ditemenin shopping sama si doi sampai keluarin duit sekitar 700an.

Itulah kisah kerja praktik yang kurasa seperti liburan. Sebelum memasuki masa-masa sebagai mahasiswa tugas akhir / mahasiswa tua.