Kalau saja ada orang yang memberimu uang untuk membangun sebuah rumah untuknya? Ya tentunya akan kuselesaikan, walaupun asal-asalan yang penting rumah tersebut jadi. Toh bukan aku yang akan menempatinya. Namun. setelah rumah tersebut jadi, kemudian diberikan kepadaku. Rasanya aku ingin mengulang dan memulai membangun rumah tersebut secara totalitas.

Kurang lebih seperti itulah cerita yang kudapat saat mendengar takziah meninggalnya almarhumah kakak kelasku saat kuliah. Ketika itu juga aku mencatatnya di kepala sebagai reminder kematian.

Lanjut tentang cerita tersebut, beberapa orang ada yang seperti itu jika bukan untuknya, ngapain totalitas? Namun ada juga yang orang mengeluarkan performansi terbaiknya dimanapun, kapanpun dan untuk siapapun. Seperti itulah kita menjalani kehidupan di dunia ini yaitu dengan bersungguh-sungguh dan melakukan yang terbaik karena apa yang kita lakukan di dunia akan kita dapatkan juga balasannya entah itu di dunia atau di akhirat. So, Jangan lewatkan kesempatan kita hidup di dunia ini untuk membangun rumah secara totalitas.