PMMB singkatan dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan program kerja bersama FHCI (Forum Human Capital Indonesia), BUMN dan Perguruan Tinggi di Indonesia dengan maksud untuk menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing global[1].

Bertujuan untuk menghadirkan sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, Kandidat rekrutment untuk BUMN terkait, dan Menciptakan SDM yang berjiwa Entrepreneur sesuai dengan kebutuhan BUMN.

Aku punya cerita tentang PMMB mulai dari awal hingga terpilihnya aku sebagai salah satu mahasiswa yang berpartisipasi pada program FHCI tersebut. Sekitar bulan Februari atau Maret 2019 sementara sibuknya mengerjakan tugas akhir, aku juga bingung setelah tugas akhir selesai aku ingin lanjut kemana? Salah satunya adalah ikut PMMB Batch 2 di BUMN.

Kabar mengenai PMMB diumumkan dari CCTS yang merupakan pusat karir dari kampusku, seperti biasa aku selalu menunda karena gak suka panas diawal jadi lengkapi berkasnya pas mendekati deadline. Setelah itu, aku fokus mengerjakan tugas akhirku sampai aku sudah sidang skripsi dan lupa kalau pernah masukkan berkas untuk PMMB Batch 2 2019. Saat pengumuman bahwa aku keterima ikut magang aku sempat mikir “eh ini yang mana?”.

Aku yang sibuk mengerjakan revisi setelah sidang berharap selesai 2 minggu dan Alhamdulillah sesuai harapan. Sebelum aku berangkat, sebisa mungkin urusan untuk administrasi wisuda telah aku selesaikan sebelum berangkat magang, walaupun sebenarnya aku bisa minta bantuan teman tapi kalau belum terpaksa aku belum mau ngerepotin teman.

Pengumuman lolos magang di PT Timah tbk pada bulan Juli yang ku mengira bulan Agustus kita udah berangkat ternyata bulan September, aku yang awalnya bertiga jadinya hanya berdua saja yang mewakili kampus Poliupg. Sementara mewakili Sulawesi yang magang di PT Timah tbk sebanyak 4 orang.

Pertama kalinya aku pergi ke Bangka Belitung, tepatnya di kota Pangkalpinang aku mengira kota yang ramai, macet sama kayak di Makassar. Justru kebalikannya, kota yang damai, dan tidak pernah sekalipun aku temui macet.

Aku bertemu 51 orang dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Jawa, Kalimantan dan Sumatra yang saat ini ikut berpartisipasi pada PMMB ini. 2 pekan kami diperkenalkan mengenai PT Timah tbk dimulai dari budaya kerja, proses bisnis timah, site tambang, hingga museum timah juga.

Setelah orientasi, barulah kami ditempatkan ke unit kerja masing-masing. Aku memiliki background IT yang fokus pada jaringan sehingga yang awalnya aku ditempatkan pada unit IT Pengembangan (Programming) dipindahkan ke IT Jaringan bersama dengan 2 orang lainnya. Kami diberikan kepercayaan oleh PT Timah tbk sehingga semua infrastruktur jaringan yang ada diperkenalkan kepada kami.

Sumber :

[1] Website PMMB FHCI